Rabu, 17 Juli 2013

DIALOG INTERAKTIF




1. Pengertian Dialog Interaktif
Dialog interaktif merupakan forum yang mendiskusikan masalah aktual dan penting untuk dibahas. Dalam diskusi itu pemirsa atau pendengar dapat terlibat secara langsung dalam diskusi. Apabila terdapat permasalahan yang perlu diketahui atau perlu disampaikan dalam diskusi, pemirsa atau pendengar dapat mengajukan pertanyaan atau menyampaikan gagasan melalui telepon. Dengan begitu, informasi yang diperoleh dari dialog interaktif akan makin lengkap dan berimbang. Itulah beberapa hal yang menyebabkan perlunya penguasaan kompetensi dasar menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi atau siaran radio. Dialog interaktif adalah kegiatan bertanya jawab yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang bertujuan untuk mendapatkan suatu informasi. Berdialog dengan narasumber dapat disebut juga sebagai kegiatan wawancara. Di dalam dialog interaktif tersebut tentunya terdapat isi yang perlu untuk dipahami. Berdasarkan dialog tersebut, kalian dapat menyimpulkan isi dialog dengan baik.

2. Menentukan Tema Dialog Interaktif
Tema merupakan ide pokok yang mendasari sebuah kegiatan. Cara menentukan tema dapat diambil dari intisari kegiatan yang dilakukan. Jika kegiatan tersebut berupa dialog, maka tema dapat diketahui dari isi percakapan yang dialkukan beberapa orang yang terlibat dalam dialog tersebut. Tema juga dapat ditemukan dari perumusan pokok-pokok isi dialog.

3. Merumuskan Pokok-pokok Dialog Interaktif Menggunakan Prinsip 5W1H
Dari kegiatan mendengarkan tersebut kalian dapat mencatat hal-hal penting dan menyimpulkan isi dialog yang kalian dengarkan itu. Sama halnya dengan berita, dalam dialog interaktif kalian juga harus menerapkan prinsip 5W + 1H berikut ini.
what (apa)           : apa yang didialogkan
who (siapa)          : siapa yang berdialog
when (kapan)       : kapan dialog dilakukan
where (di mana)   : di mana dialog dilakukan
why (mengapa)    : mengapa dialog dilakukan
how (bagaimana) : bagaimana hasil dialog tersebut

4. Menyusun Kalimat sesuai Pokok-pokok Dialog Interaktif
Pokok-pokok yang telah dirumuskan akan disusun menjadi kalimat-kalimat yang tepat. Kalimat tepat yang dimaksud adalah kalimat yang efektif dan mudah di mengerti. Rumusan pokok tersebut dimasukan dalam kalimat.

5 komentar:

kusanagiku mengatakan...

wih makasih banget infonya, berguna buat tugas sekolah :)

Unknown mengatakan...

Tolong sama contohnya donk!!!

Unknown mengatakan...

it`s so wonderfull...
I Like That...!!!

Unknown mengatakan...

it`s so wonderfull...
I Like That...!!!

Refsa mengatakan...

bermanfaat sekali, silahkan juga kunjungi
pengertian dialog interaktif dan contoh dialog interaktif
Kumpulan tugas dan materi pelajaran (materikelas.com)

Posting Komentar

 
;